RSS

Pelatiahan Pengembangan Kompetensi Manajerial Bagi Pimpinan Rumah Sakit

25 Mar

Lokalatih
Pengembangan Kompetensi Manajerial
Bagi Pimpinan Rumah Sakit

Dasar Pemikiran
Dunia terus berubah. Ekonomi global terus menerus menjadi salah satu kekuatan yang dahsyat yang mendorong organisasi atau perusahaan untuk berfikir kembali bagaimana mereka semestinya mensikapi perkembangan global ini. Selain itu, perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi juga telah mendorong perusahaan-perusahaan atau organisasi untuk terus berupaya menemukan cara yang tepat dalam melakukan aktivitas bisnis mereka dan menyediakan peluang-peluang sekaligus tantangan-tantangan dalam iklim kompetisi yang demikian pekat. Menariknya, perubahan-perubahan ini telah meningkatkan kebutuhan akan terciptanya pemimpin-pemimpin atau manajer-manajer handal di semua level organisasi yang akan menggerakkan organisasi itu dan membangun responsibility bagi semua pihak yang terlibat. Perubahan tersebut juga terjadi dalam rumah sakit.

Dalam sisi eksternalitasnya, rumah sakit dihadapkan pada tuntutan dari masyarakat yang semakin kritis atas seluruh jasa pelayanan yang diterimanya. Rumah sakit dituntut untuk lebih meningkatkan pelayanan medis dan pelayanan administratifnya. Sedangkan dalam sisi internalnya, rumah sakit dihadapkan pada kemampuan personalia yang dituntut dapat mengikuti perkembangan teknologi di bidang kesehatan. Selain itu, perkembangan kuantitas dan kualitas personalia rumah sakit juga manuntut kemampuan manajerial yang handal khususnya di bidang manajemen SDM.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam UU no. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dalam pasal 33 (ayat 1) disebutkan bahwa setiap pimpinan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat harus memiliki kompetensi manajemen kesehatan yang dibutuhkan. Hal tersebut juga diperkuat oleh pasal 34 (ayat 1) yang menekankan pentingnya kompetensi individual berkaitan dengan tugas yang diembannya.

Upaya penyiapan manajer handal itu, tidak cukup kiranya jika hanya mangandalkan bekal yang pernah diperoleh, baik dari perguruan tinggi atau dari pengalaman kerja semata. Tapi diperlukan juga upaya ‘treatment and development’ dengan melakukan pelatihan-pelatihan yang terstruktur dan terukur sehingga memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
1. Menganalisis faktor-faktor mendasar dalam kaitannya dengan kompetensi manajerial.
2. Mendemonstrasikan ketrampilan manajerial dan leadership.
3. Mengevaluasi eksistensi dan potensi dirinya dalam level manajerial di mana dia berada, dan mampu memerankan dirinya secara tepat.
4. Menyajikan berbagai konsep dan teknik manajerial untuk meningkatkan kinerja dirinya dan orang lain di lingkungan kerjanya.

Materi Pelatihan
1. Peran Manajerial : Identifikasi Kompetensi Diri
2. Peran Manajer sebagai Mentor dan Facilitator : Mengembangkan bawahan dan Membangun Tim.
3. Peran Manajer sebagai Monitor dan Coordinator: Mengelola Kinerja Organisasi.
4. Peran Manajer sebagai Director dan Producer: Pendelegasian effektif.
5. Peran Manajer sebagai Broker dan Innovator: Mengelola Perubahan.
6. Komunikasi Effektif.
7. Praktek Ekspresi Diri

Trainer
1. Drs. Suwarsono Muhammad, MA
Dosen Fakultas Ekonomi UII. Mantan Dekan FE UII. Konsultan berbagai Perusahaan Swasta Nasional maupun BUMN.
2. Dr. Muhammad Su’ud, SE, MM
Dosen STIE Widya Wiwaha Yogyakarta
3. Drs. Abdul Ghoffar, MBA
Direktur Bumi Madani Yogyakarta. Direktur Centre for Policy Studies (CPS) Yogyakarta
4. Dra. Ninda Nindiani, MA
Direktur PT Ninda Pratama. Praktisi Public Relations dan Penyiar TV.
5. dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMed.Ed, PhD
Dosen Fakultas Kedokteran UGM. Wakil Dekan Bidang Akademik Fak Kedokteran UGM

Peserta
Peserta yang diharapkan, antara lain:
1. Direktur, wakil direktur dan line manager Rumah Sakit.
2. Kepala-kepala Bagian atau SMF di Rumah Sakit
3. Mereka yang berminat atau yang ditugaskan

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
Waktu : 27 – 29 April 2010
Tempat : Wisma MM UGM
Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta 55281

Cara Pendaftaran
Calon peserta wajib mendaftarkan diri dengan cara mengiri formulir pendaftaran/kontak melalui telepon atau SMS dengan menyebutkan nama, instansi, alamat instansi serta no hp/telp yang bisa dihubungi.

Biaya
Biaya Pelatihan sebesar Rp. 3.900.000 (tiga juta sembilan ratus ribu rupiah) per-peserta, dengan akomodasi di hotel 2 malam fullboard, fasilitas untuk peserta:
1. Training Kits
2. Sertifikat

Atau Rp. 3.400.000 (tiga juta empat ratus ribu rupiah) dengan non rest (non akomodasi), fasilitas untuk peserta:
1. Training Kits
2. Sertifikat
3. Paket meeting (2x coffee break dan 1x lunch)

Pembayaran
Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer melalui
Bank BNI Cabang UGM, a.n. H. Abdul Ghoffar,
dengan nomor rekening 00-3879181-6
Atau dibayarkan saat registrasi.

Penyelenggara
Lembaga Pengembangan Manajemen Kesehatan BUMI MADANI
Jl. Kaliurang km.12.5, RT 4/9, Candikarang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274 – 897267 / 0274 – 7494445
Fax 0274 – 897267
Website bumimadani.wordpress.com
Email bumimadani@yahoo.com

Personal Kontak:
Uswah 081 392 070 080

 
Leave a comment

Posted by on March 25, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: