RSS

Lokalatih Mempersiapkan Rumah Sakit Menuju Badan Layanan Umum

18 Mar

DASAR PEMIKIRAN
Pada tahun 2003 keluar dua perundangan yang mengubah wajah kelembagaan RS pemerintah di Indonesia. Pertama UU No 19/2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, yang mengatur bahwa kelembagaan BUMN tinggal dua bentuk saja, Perum dan Persero sehingga RS Perjan harus berubah menjadi RS Perum atau RS Persero/PT. Tetapi menurut PP No 8/2003, RSUD harus berubah bentuk Lembaga Teknis Daerah (LTD), yaitu suatu Aparatur Pemerintah di bawah Pemda, sebuah Kantor. Peraturan ini sangat bertolak belakang. RSUP didorong ke arah badan usaha, sementara RSUD ditarik kembali menjadi aparatur pemerintah daerah, yang berlaku mulai Februari 2005.
Namun, UU No. 1/2004 tentang Perbendaraan Negara, membuat suatu terobosan dengan pembentukan badan layanan umum (BLU). Jadi RSUD walau berbentuk LTD, namun sistem keuangannya adalah BLU. Maka RS BLU adalah suatu perubahan otonomi sistem keuangan dan bukan perubahan kelembagaan RS.
Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas (PP No. 23 Th 2005, Pasal 1, ayat 1).
Dalam pasal 4 (ayat 2 – 4) PP No. 23 Tahun 2005 disebutkan beberapa persyaratan suatu satuan kerja instansi pemerintah dapat diizinkan mengelola keuangan dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) apabila memenuhi persyaratan substantif, teknis, dan administratif. Sedangan kinerja Pelayanan BLU yang baik ditunjukkan oleh adanya sistem tata kelola yang baik, adanya standar pelayanan minimal, adanya pola tarif yang rasional dan kompetitif, serta adanya sistem Remunerasi yang adil.
Tujuan dari BLU adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat. Oleh karena itu, perbaikan kinerja pelayanan menjadi salah satu persyaratan utama perubahan status lembaga pemerintah menjadi BLU.
Dalam konteks rumah sakit, untuk memenuhi persyaratan menjadi BLU dibutuhkan beberapa persyaratan yang spesifik. Untuk itu, pelatihan ini kami selenggarakan untuk menjembatani kebutuhan rumah sakit yang sedang mempersiapkan diri menuju Badan Layanan Umum.

PESERTA KEGIATAN
Target dan sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah para pengelola dan line manajer rumah sakit yang sedang mempersiapkan rumah sakit untuk menjadi Badan Layanan Umum, diantaranya :
1. Direktur Rumah Sakit
2. Wakil Direktur Rumah Sakit
3. Tim Penyiapan BLU

OUTPUT KEGIATAN
Target dan sasaran dari kegiatan tersebut adalah para pengelola dan line manajer rumah sakit yang sedang mempersiapkan rumah sakit untuk menjadi Badan Layanan Umum. Kegaitan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi rumah sakit yang sedang berada dalam proses persiapan menuju Badan Layanan Umum melalui rangkaian kukikulum pelatihan yang dirancang secara holistik dan komprehensif.
Diharapkan, dengan tercapainya tujuan kegiatan yang telah ditetapkan, maka terdapat output dan outcome yang dapat diraih, yaitu :
1. Peserta memiliki pemahaman mengenai landasan hukum yang menjadi payung bagi penyelenggaraan Badan Layanan Umum, sekaligus memahami berbagai persyaratan untuk menjadi BLU.
2. Peserta memiliki pemahaman mengenai proses dan mekanisme perubahan kelembagaan rumah sakit menjadi BLU.
3. Peserta memiliki kapasitas dan kompetensi dalam menyiapkan persyaratan rumah sakit untuk menuju Badan Layanan Umum. Kapasitas individual yang dimiliki oleh peserta tersebut selanjutnya dapat menjadi

MATERI PELATIHAN
Agar memberikan output dan outcome yang maksimal, kegiatan pelatihan ini disusun dalam rangkaian materi sebagai berikut :

1. BLU : Definisi dan Perspektif legal
Bagian ini merupakan overview awal tentang apa yang mendasari perubahan kelembagaan rumah sakit menajdi Badan Layanan Umum.
Pembahasan akan dimulai dari kajian terhadap UU No 19/2003 mengenai BUMN, yang kemudian dilanjutkan pembahasan UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara yang merupakan dasar pembentukan Badan Layanan Umum. Secara spesifik, peraturan mengenai Badan Layanan Umum diatur dalam PP No.23 Tahun 2005.

2. Perencanaan Strategi Bisnis Rumah Sakit BLU
Rencana bisnis adalah suatu perencanaan perusahaan untuk melakukan bisnis, dan merupakan pembuatan jalan untuk mendapatkan laba. Namun perlu disimak bahwa pengertian business plan dalam PP BLU adalah business like, yaitu pengelolaan secara bisnis, akan tetapi RSD dengan BLU tidak semata-mata untuk mencari keuntungan, yang ditekankan disini adalah bagaimana RS dapat dikelola dengan prinsip prinsip bisnis agar RS bisa menjadi cost-effective dan efisien. Harapannya adalah RS bisa lebih menghemat dan bertindak profesional.

3. Struktur dan Tata Kelola Rumah Sakit BLU
Struktur rumah sakit merupakan sebah gambaran mengenai mekanisme kelembagaan yang menopang bekerjanya sistem kerja di rumah sakit. BLU membutuhkan sebuah tata struktur yang akan

4. Mekanisme dan Prosedur Pelayanan Non-Medis
Kinerja pelayanan yang baik dapat dilihat dari pola tata kelola yang efektif dan efisien. Prosedur dan mekanisme pelayanan yang baik, baku, dan transparan menjadi salah satu syarat BLU, sebab BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan

5. Mengembangkan Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit
Yang dimaksud dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah suatu standar dengan batas-batas tertentu untuk mengukur kinerja penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit yang berkaitan dengan pelayanan dasar yang mencakup jenis pelayanan, indikator dan nilai (benchmark). Ada 3 jenis SPM yang sangat penting bagi Rumah Sakit untuk memilikinya, yaitu SPM bagi Pelayanan Medis, SPM bagi Penunjang Medis, dan SPM bagi Pelayanan Keperawatan.

6. Sistem Penyusunan Anggaran Rumah Sakit BLU
Penyusunan anggaran rumah sakit harus berbasis akuntansi biaya yang didasari dari indikator input, indikator proses dan indikator output, sebagaimana diatur berdasarkan PP No. 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, PMK No.76/PMK.05/2008 tentang Pedoman Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum, dan khusus untuk RSUD, pengelolaan keuangannya harus mengacu dan berdasarkan Permendagri Permendagri No. 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.
7. Sistem Penyusunan Laporan Keuangan BLU
Dengan terbitnya PP No. 23 Tahun 2005, rumah sakit pemerintah daerah mengalami perubahan menjadi BLU. Perubahan ini berimbas pada pertanggungjawaban keuangan tidak lagi kepada Departemen Kesehatan tetapi kepada Departemen Keuangan, sehingga harus mengikuti standar akuntansi keuangan yang pengelolaannya mengacu pada prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan efisiensi. Anggaran yang akan disusun pun harus berbasis kinerja (sesuai dengan Kepmendagri No. 29 Tahun 2002).

PEMATERI
1. Drs. Ichsan Abbas, MM
Mantan Direktur Keuangan RSUP. Dr.Sardjito Yogyakarta
2. dr. Chairul Anwar, M. Kes
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
3. dr. Stephani Maria Nainggolan, M.Kes
Tim audit medis RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta
4. Yulis Quarti, SE, Akt, M. Si
Kepala Bagian Akuntansi dan Verivikasi RSUP Dr. Sardjito

TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
Pelatihan Mempersiapkan Rumah Sakit Menuju Badan Layanan Umum (BLU) akan diselenggarakan :
Waktu : 23 – 25 Maret 2010
Tempat : Wisma MM UGM Yogyakarta,
Jl. Colombo, No.1, Yogyakarta
Pendaftaran
Calon peserta wajib mendaftarkan diri dengan cara mengiri formulir pendaftaran/kontak melalui telepon atau SMS dengan menyebutkan nama, instansi, alamat instansi serta no hp/telp yang bisa dihubungi.

Biaya dan Cara Pembayaran
Biaya Pelatihan sebesar Rp. 3.900.000 (Tiga Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) per-peserta, dengan akomodasi di hotel 3 hari fullboard, Fasilitas untuk peserta:
1. Training Kits
2. Sertifikat
atau sebesar Rp. 3.400.000 (Tiga Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) per-peserta dengan non akomodasi, Fasilitas untuk peserta:
1. Paket Meeting (Coffeebreak & Lunch)
2. Training Kits
3. Sertifikat

Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer melalui
Bank Mandiri Cabang UGM Yogyakarta,
a.n. H. Abdul Ghoffar c.q. BUMI MADANI
dengan nomor Rekening : 137-00-04039398
Atau dibayarkan saat registrasi.

PELAKSANA DAN PENYELENGGARA KEGIATAN
Kegiatan Pelatihan Mempersiapkan Rumah Sakit Menuju Badan Layanan Umum (BLU) ini akan dilaksanakan oleh :
Lembaga Pengembangan Manajemen Kesehatan BUMI MADANI
Jl. Modang MJ III/424 Yogyakarta 55143
HP : 0813 920 700 80 ( Uswah )
Telp / Fax : 0274 – 371764
Email : bumimadani@yahoo.com
Web : bumimadani.wordpress.com

JADWAL PELATIHAN
MEMPERSIAPKAN RUMAH SAKIT
MENUJU BADAN LAYANAN UMUM (BLU)

Selasa, 23 Maret 2010
14.00 – 19.00 Check in peserta di Hotel Wisma MM

Rabu, 24 Maret 2010

08.00 – 08.15 Pembukaan
08.15 – 09.45 Sesi I BLU : Definisi dan Perspektif legal
Drs. Ichsan Abbas, MM
09.45 – 10.00 Coffee break
10.00 – 11.30 Sesi II Perencanaan Strategi Bisnis Rumah Sakit BLU
Drs. Ichsan Abbas, MM
11.30 – 12.30 Lunch
12.30 – 14.00 Sesi III Struktur dan Tata Kelola Rumah Sakit
Dr. Khairul Anwar, M. Kes
14.00 – 15.30 Sesi IV Mekanisme dan Prosedur Pelayanan Non-Medis
Dr. Khairul Anwar, M. Kes
15.30 – 16.00 Coffee break
16.00 – 17.30 Sesi V Mengembangkan Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit
dr. Stephani Maria Nainggolan, Mkes

Kamis, 25 Maret 2010
07.30 – 09.00 Sesi VI Sistem Penyusunan Anggaran Rumah Sakit BLU
Yulis Quarti, Se, Akt, M. Si
09.00 – 09.15 Coffee break
09.15 – 10.45 Sesi VII Sistem Penyusunan Laporan Keuangan BLU
Yulis Quarti, Se, Akt, M. Si
10.45 – 11.00 Penutupan
11.00 – 13.00 Lunch, Check out

 
Leave a comment

Posted by on March 18, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: