RSS

Brief Profile

20 Jan

Bumi Madani didirikan pada November 1998 dan baru mulai aktif menjalankan kegiatannya sejak Juli 2003 . Latar belakang didirikannya adalah sebagai upaya untuk ikut serta memperbaiki dan membangun bangsa ini dari kondisi keterpurukan setelah dilanda krisis multi dimensi. Meski peran yang akan dimainkannya mungkin tidak terlalu signifikan, tapi setidaknya akan memberikan sumbangsih pemikiran dan usaha untuk perbaikan.

 

Kegiatan Bumi Madani diwujudkan dalam bentuk menyelenggarakan pelatihan, konsultasi dan penelitian. Rencana lebih jauhnya, Bumi Madani ingin mengembangkan lembaga pendidikan alternatif.

 

Saat ini Bumi Madani fokus pada kegiatan-kegiatan pelatihan, konsultasi dan penelitian. Program-program pelatihan dan konsultasi yang telah disiapkan oleh Bumi Madani adalah pelatihan dan konsultasi yang memfokuskan diri pada pengembangan manajemen Rumah Sakit dan Institusi Layanan Kesehatan. Sementara untuk kegiatan penelitian atau action research diadakan sesuai dengan persoalan-persoalan kesehatan yang sedang menggejala di masyarakat atau sesuai dengan permintaan klien.

 

Untuk kegiatan pelatihan, Bumi Madani memiliki dua jenis pelatihan, yaitu pelatihan reguler yang diadakan setiap bulan dan in-house training yang diadakan jika ada permintaan dari klien. Topik inhouse training menyesuaikan permintaan dari klien yang bersangkutan. Sebelum pelaksanaan in-house training, akan dilakukan analisis kebutuhan institusi dan dari hasil analisis ini akan didisain pelatihan secara khusus sesuai kebutuhan klien.

 

Beberapa pelatihan yang pernah diselenggarakan:

  1. Penguatan Kelembagaan Perangkat Organisasi Dinas Kesehatan di Daerah  Berdasarkan PP 41 Tahun 2007
  2. Penyusunan Sistem Remunerasi untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit
  3. Etika dan Etiket Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit
  4. Strategi dan Teknik Penyusunan Standar Pelayanan Medis (SPM) di Rumah Sakit
  5. Penyusunan Pola Tarif Rumah Sakit Berdasarkan Perhitungan Unit Cost
  6. Strategi Pengembangan Sumber – Sumber Pembiayaan untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Sakit
  7. Implementasi Audit Medis di Rumah Sakit Dengan Daya Dukung SPM dan Rekam Medis Yang Baik
  8.  Perencanaan Stratejik Untuk Keselamatan Pasien (Patient Safety) Rumah Sakit
  9.  Strategi Implementasi Audit Medis di Rumah Sakit untuk Mengurangi Medical Error
  10. Strategi Implementasi Managed care di Rumah Sakit
  11. Meningkatkan Kualitas Layanan Keperawatan untuk membangun Kepuasan Pelanggan dan citra Rumah Sakit
  12. Customer Service sebagai Garda Depan Layanan Prima di Rumah Sakit
  13. Pengembangan Sistem Kompensasi di Rumah Sakit Strategi Peningkatan Kemampuan Daya Saing
  14. Penghitungan Unit Cost Perpelayanan di RS
  15. Biaya dan Mutu Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin
  16. Efektivitas Sistem (Informasi) Akuntansi dalam Mendukung Pelaporan Keuangan di Rumah Sakit
  17. Layanan prima untuk pasien VIP dan VVIP dan peningkatan pendapatan Rumah Sakit
  18. Strategi Penentuan Tarif Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Keunggulan Kompetitif
  19. Strategi Pengembangan Sumber – Sumber Pembiayaan Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Pendapatan
  20. Penyehatan Rumah Sakit
  21. Strategi Pengembangan Entrepreneurial Rumah Sakit

 

 
Leave a comment

Posted by on January 20, 2009 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: